spot_img
BerandaEkbisMahal! Harga Ikan di Pasar Mayangan

Mahal! Harga Ikan di Pasar Mayangan

Menitpost.com, KOTA PROBOLINGGO – Akibat cuaca yang tidak menentu dan bulan purnama mulai berpengaruh pada harga ikan di pasaran. Pasokan ikan di pasar menjadi terganggu, sehingga harganya menjadi mahal.

Dari pantauan Menitpost.com di Pasar Ikan Mayangan Kota Probolinggo harga sejumlah ikan melambung tinggi. Ikan tongkol yang biasanya dijual dengan harga Rp 20 ribu per kilogram, sekarang dijual dengan harga Rp 25 ribu per kilonya. Ikan teri yang biasanya dijual dengan harga Rp 10 ribu per kilogram, kemarin diperdagangkan dengan harga Rp Rp 17.500 ribu. Minggu (12/6/22).

Sementara ikan krese yang biasanya hanya Rp 20 ribu per kilogram, sekarang naik menjadi Rp 23 hingga 25 ribu per kilogram, udang yang biasanya dijual dengan harga Rp 60 ribu per kilogram, sekarang dijual dengan harga Rp 75 ribu per kilogram.

Begitu juga dengan ikan tuna yang biasanya dijual dengan harga Rp 30 ribu per kilogram, sekarang dijual dengan harga Rp 40 kg per kilogramnya. Ikan medahi yang biasanya dijual dengan harga Rp 25 kg per kilogram, sekarang naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang ikan, Nurhadi mengatakan, pasokan ikan berkurang sejak satu minggu terakhir. Hal itu disebabkan karena cuaca yang tak menentu di tengah laut dan bulan purnama. Saat ini pasokan ikan sangat kecil persentasenya karena nelayan tak melaut.

”Cuaca badai dan bulan terang.” Makanya nelayan lebih memilih tak melaut.” Terkait dengan perubahan bukanya pasar yang biasanya pukul 7.00 WIB kini berubah menjadi pukul 8.00 WIB banyak dikeluhkan oleh pemilik kapal jonggrang,” katanya.

Pedagang ikan lainnya, Marni mengatakan, tingginya harga ikan di pasaran membuat daya beli masyarakat menjadi kecil. Hal itu karena harga ikan mengalami kenaikan “Kalau ikan mahal, pembeli juga sepi,” sebutnya. (Choy)

- Advertisement -

spot_img

Worldwide News, Local News in London, Tips & Tricks

spot_img

- Advertisement -