spot_img
BerandaEkbisMenurun Pamor Batu Akik! Apa Kabar Para Pedagang?

Menurun Pamor Batu Akik! Apa Kabar Para Pedagang?

Menitpost.com, KOTA PROBOLINGGO – Salah satu tempat penjualan batu akik di Pasar Burung Mangunharjo Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan.

Beragam jenis batu akik dijual di pasar tersebut. Mulai dari Bacan,Sungai Dare, hingga Rubi juga beragam jenis Pirus.
Namun, saat ini pamor batu akik sudah meredup. Seiring perkembangan zaman, batu akik mulai ditinggalkan. Padahal pada 2014 hingga 2015, batu akik sempat booming.
Kala itu, gemerlap batu akik sangat menggoda. Peminatnya pun tidak melulu laki-laki saja, banyak wanita yang juga menyukainya.
Pantauan dilapangan, diemperan pasar ini memang tidak terlalu ramai. Namun, masih saja ada pecinta batu yang datang kesini.
Penjual batu akik juga masih ada Mereka dengan sabar menanti para pembeli. Salah satunya adalah Roni Gendeng, pedagang akik mengaku, sudah berjualan batu selama 10 tahun.

“Jualan batu gini udah 10 tahun lah kurang lebih,” ujarnya saat berbincang dengan kabarmetro.id. Rabu (25/5/22).

Menurut Roni, pada 2014 dan 2015 saat demam batu akik melanda, dagangannya laris manis. Dia pun bisa mendulang untung. Namun, kini kondisinya sudah berbeda. Dagangannya tak lagi diserbu pembeli.
Meski begitu, Roni dan para pedagang lainnya tak lelah menanti pembeli yang datang. Mereka tetap dengan sabar menunggu.
Dia menceritakan, dagangannya dulu cukup laris manis. Omzet penjualannya pun cukup tinggi.

“Dulu pas lagi ramai, sehari bisa jual satu sampai 15 cincin. Harganya juga bervariasi. Kalau batu pirus bisa sampai Rp 1.5 hingga Rp 3 juta,” paparnya
Tetapi kini Roni merugi. Bahkan dalam sehari bisa tidak ada pembeli. Meskipun ia telah menurunkan harga batunya. (Choy).

- Advertisement -

spot_img

Worldwide News, Local News in London, Tips & Tricks

spot_img

- Advertisement -