spot_img
BerandaEkbisPemerintah Bersama Peternak Adakan Kontes Kambing Senduro Lumajang

Pemerintah Bersama Peternak Adakan Kontes Kambing Senduro Lumajang

Menitpost.com, LUMAJANG – Kambing Senduro memang dikenal memiliki karakteristik yang unik. Selain bertubuh besar, Kambing Senduro juga memiliki daun telinga yang panjang dan menggantung. Kambing jenis ini, biasanya memiliki warna putih, dan mampu menghasilkan susu kambing yang berkualitas.

Untuk terus mengembangkan kambing ras Senduro tersebut, sejumlah peternak berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur menyelenggarakan Kontes Kambing Senduro. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Minggu (18/12/22).

Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang didampingi Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengungkapkan, bahwa Kambing Senduro merupakan kambing ras asal Kabupaten Lumajang yang sudah diakui dan bersertifikat.

Menurutnya, Kambing Senduro tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi, lantaran mampu menghasilkan susu kambing berkualitas dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

“Kambing Senduro ini rasnya dari Lumajang, mereka memiliharanya ini tidak sekedar untuk kontes, tapi secara ekonomi berdampak, susu kambing senduro ini mahal,” ungkap dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati berharap dengan diselenggarakannya kontes kambing senduro, akan lahir bibit kambing senduro yang berkualitas.

Ia menambahkan, bahwa dirinya pun siap menjalin kerjasama dengan pihak perhutani untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak terutama kambing yang ada di Kecamatan Senduro dan sekitarnya.

“Pemerintah akan memfasilitasi kerjasama dengan Perhutani. Karena Perhutani memiliki lahan yang luas untuk bisa menanam pakan ternak,” pungkasnya.

Tempat yang sama Kepala Bidang Perternakan Siswanto, S.Pt agar kambing senduro mempunyai kekuatan hukum, dalam waktu dekat pemerintah kabupaten Lumajang akan didaftarkan hak paten. Sehingga kambing senduro yang mempunyai ciri khas tidak diakui oleh daerah lain.

- Advertisement -

spot_img

Worldwide News, Local News in London, Tips & Tricks

spot_img

- Advertisement -