spot_img
BerandaPendidikanSambut HUT SMPN 10, Tampilkan Hasil Olahan Produk Berbahan...

Sambut HUT SMPN 10, Tampilkan Hasil Olahan Produk Berbahan Lidah Buaya

Menitpost.com, KOTA PROBOLINGGO – Banyaknya tanaman lidah buaya di lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah menarik perhatian siswa- siswi SMP 10 Kota Probolinggo. Mereka mampu membuat minuman berbahan Lidah Buaya yang kini digemari dan dianggap mampu meningkatkan imunitas.

Saat ditemui di sekolah, mereka sedang sibuk menampilkan hasil olahan tanaman Lidah Buaya atau aloevera dengan didampingi guru mereka. Hal itu terlihat saat gelaran bazar di HUT SMPN 10 yang ke 28.

“Kita punya program Si Perwira yakni Siswa Pelopor Wirausaha. Program ini mengintegrasikan seluruh mata pelajaran di sekolah yang mengarah kepada kewirausahaan. Termasuk minuman ini,” ungkap Kepala Sekolah SMPN 10 Kota Probolinggo, Aris Tantomas. Senin (17/10/22).

Kata Aris, kegiatan bazar ini bertujuan menumbuhkan rasa kewirausahaan agar memiliki bekal pengetahuan di bidang usaha, terlebih hingga kini pandemi juga masih belum berakhir.

Seperti SMPN 10 Kota Probolinggo, memanfaatkan tanaman aloevera untuk di kreasikan menjadi minuman dan puding aloevera beraneka macam rasa. Yakni Loevera Melon, Loevera Jagung dan lainnya.

“Kenapa kita memilih aloevara, karena tanaman ini juga memiliki kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia menyebut, minuman dan puding berbahan aloevera juga belum terlalu banyak ditemukan di pasaran. Sehingga ini menjadi peluang bisnis untuk dikembangkan.

“Kebanyakan orang tahunya aloevera hanya untuk menyehatkan rambut dan masker wajah, untuk minuman dan makanan belum terlalu banyak yang tahu. Nah ini kesempatan anak didik kita untuk mengenalkan ke masyarakat,” terangnya.

Selain mengajari cara memproduksi minuman dan puding ini, SMPN 10 Kota Probolinggo juga mengajari siswa-siswinya untuk memasarkan produknya melalui media sosial.

Sementara itu, Wali Kelas 7, Jhon Faidi mengatakan, di sekolah SMPN 10 Kota Probolinggo punya program unggulan inovatif, salah satunya program inovasi makanan minuman aloevera.

“Kami berharap dengan kegiatan bazar di HUT SMP Negeri 10 ini,hasil olahan anak didik bisa dikenal oleh masyarakat melalui produk berbahan aloevera ini,” pungkasnya. (Choy)

- Advertisement -

spot_img

Worldwide News, Local News in London, Tips & Tricks

spot_img

- Advertisement -