spot_img
BerandaNewsSejarah Kelahiran Si Leher Beton

Sejarah Kelahiran Si Leher Beton

Menitpost.com – Sejarah olahraga dunia pada tanggal ini ditandai dengan kelahiran bintang tinju Mike Tyson di Brooklyn, New York pada 30 Juni 1966. Tyson lahir dari pasangan Lorna Smith dengan ayah biologis Purcell Tyson, namun dalam biografinya selalu disebutkan bahwa dia berayahkan James Kirkpatrick.

Kirkpatrick diketahui merupakan mucikari yang menikahi ibu Mike Tyson, yang berprofesi sebagai wanita penghibur. Ayah biologis Tyson yang tidak pernah dia temui disebutkan berasal dari Jamaika, dan berprofesi sebagai sopir taksi. Dari ayah biologisnya Tyson punya dua saudara yaitu Rodney yang kini berprofesi sebagai dokter spesialis bedah otak, dan Denise yang sudah meninggal pada 24 Februari 1990. Sementara dari Kirkpatrick, Tyson punya satu adik tiri berdana Jimmie Lee Kirkpatrick.

“Saya sudah mengalami semua masa terpahit dan termanis dalam hidup. Pernah sangat miskin, tetapi juga pernah sangat kaya. Dan saat ini hidup saya sangat seimbang, tidak miskin tetapi juga tidak kaya-kaya amat,” kata Tyson dalam sebuah wawancara dengan BBC pada 2013.

Kepahitan memang sudah dirasakan Mike Tyson sejak kecil. Tidak mengenal ayah kandung, ditinggal minggat ayah tiri, dan penjara anak-anak adalah cerita masa lalunya. Dia sudah 38 kali masuk penjara anak-anak saat masih berusia 13 tahun. Pencerahan dia dapatkan setelah dikunjungi petinju legendaris Muhammad Ali, saat melakukan aksi sosial kunjungan ke penjara anak-anak Spofford Detention Center di Bronx, New York pada 1978.

Ali ketika itu mengatakan bahwa sebaiknya Tyson berlatih tinju jika ingin nasibnya berubah. Dan akhirnya Tyson memang berlatih tinju di bawah asuhan pelatih berdarah Italia, Cus D’Amato.

Julukan

Sejarah awal karier Mike Tyson di bawah asuhan D’Amato sudah banyak dikupas. Namun tak banyak yang mengungkapkan sejak kapan petinju fenomenal itu mendapatkan julukan Iron Mike. Tyson memang punya banyak julukan. Selain Iron Mike ada juga Baddest Man on the Planet atau Kid Dynamite, bahkan di Indonesia dia punya julukan lokal: Si Leher Beton.

Julukan Iron Mike atau Mike Si Besi muncul sejak debut Mike Tyson di kancah tinju profesional. Saat itu dalam usia 18 tahun 249 hari, Tyson harus menghadapi petinju ayam sayur asal Puerto Rico, Hector Mercedes dalam duel yang dijadwalkan selama 4 ronde di Plaza Convention Center, Albany, New York pada 6 Maret 1985.

Mike Tyson hanya perlu kurang dari satu ronde untuk merobohkan Mercedes lewat kombinasi pukulan hook. Hanya perlu waktu 1 menit 47 detik bagi Tyson untuk memenangi pertarungan debutnya.

“Julukan itu muncul begitu saja. Pertama kali yang melontarkan adalah teman lama saya, Carlos Santos. Saat itu dia bilang: Mike, saya akan membelikan kamu kaos dengan tulisan Iron Mike. Sekarang semua orang menjuluki saya dengan Iron Mike,” tutur Tyson berkisah dalam talk show The Tonight Show dengan pembawa acara Jimmy Fallon pada 28 Juli 2020.

Tetap Berjaya

Dalam usia genap 56 tahun pada 30 Juni ini, Mike Tyson tetap mempertahankan statusnya sebagai atlet tersohor. Dia tetap sukses berkarya dan gampang menghasilkan uang, meskipun sudah pensiun dari ring tinju. Pada 2003 dia sempat mengaku bangkrut, namun banyak yang meragukan dan menganggap bahwa itu hanya sekedar trik untuk menghindari pajak.

Cerita Mike Tyson memang tidak pernah semiris petinju-petinju kelas berat top masa lalu, yang kehidupan masa tuanya terbelit masalah kemiskinan. Setelah kalah TKO ronde 6 dari petinju ayam sayur Kevin McBride di Washington pada 11 Juni 2005, Tyson mengumumkan pensiun dalam usia 38 tahun 346 hari.

Setelah pensiun, ayah delapan anak dari tiga kali perkawinan juga hubungan di luar nikah ini melompat ke dunia hiburan. Dia tampil dalam film komedi Hangover yang dirilis 2009, dengan bintang Bradley Cooper, Zach Galifianakis, dan Ed Helms.

Penampilan Mike Tyson sebagai comedian dalam pertunjukkan stand up comedy berjudul Undisputed Truth juga sukses besar. Di bawah arahan sutradara Spike Lee, komedi yang diambil dari judul otobiografinya itu dibawa berkeliling ke 36 kota Amerika Serikat dalam 10 pertunjukkan selama 10 pekan pada Mei hingga Desember 2012, dan menarik lebih dari 9000 penonton. Total pendapatnya tercatat 1,2 juta dolar AS atau sekitar Rp18 miliar.

Siniar Mike Tyson yang bernama Hotboxi’ with Mike Tyson juga laku keras. Belum lagi saat ini dia punya perkebunan ganja di Death Valley, California, yang dinamai Tyson Ranch. Pendapatan kotor dari perkebunan ganja yang dibuka pada akhir Desember 2017 itu diperkirakan mencapai sekitar Rp9 miliar per tahun. Tyson sendiri saat ini menurut catatan Celebrity Net Worth punya kekayaan bersih 10 juta dolar AS, atau sekitar Rp149,5 miliar. (***)

- Advertisement -

spot_img

Worldwide News, Local News in London, Tips & Tricks

spot_img

- Advertisement -