spot_img
BerandaNewsTilang Online, Mulai Berlaku Dua Minggu Kedepan di Kota...

Tilang Online, Mulai Berlaku Dua Minggu Kedepan di Kota Probolinggo

Menitpost.com, KOTA PROBOLINGGO – Polres Probolinggo Kota bakal melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas secara mobile. Penindakan ini dilakukan dengan menggunakan teknologi Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR).
Mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) Electronic traffic law enforcement (ETLE) mobile ini bisa mendeteksi setikar 100 kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas (lalin) dalam per hari..Kita masih melakukan masa uji coba selama dua pekan.

“ Kategori pelanggarannya, kendaraan tak sesuai spesifikasi teknis, tidak mengenakan helm, dan melawan jalur di jalan satu arah. Karena masih percobaan dan sosialisasi, pengendara yang melanggar tidak ditindak,” katanya. Kamis (2/6/22).

Namun usai masa uji coba, semua pengendara melanggar akan mendapat tilang. Tilangnya tidak di tempat, tetapi melalui surat yang dikirim ke alamat pemilik kendaraan. “Saat ada pengendara tanpa helm lalu ketemu mobil patroli dibiarkan bukan karena tidak ditindak, namun sudah terdata di sistem,” terang perwira polisi pangkat AKP ini.

Mobil INCAR akan berkeliling di wilayah hokum Polres Probolinggo Kota pada jalan besar maupun jalur arteri. Selain menindak pengendara tanpa helm dan lawan arus, mobil ini dapat mengetahui kondisi SIM, STNK sudah bayar pajak atau belum.

” Pengendara yang melanggar diberi waktu tiga hari. “Bagi masyarakat yang menjual sepeda motornya bisa koordinasi dengan pembelinya, untuk membayar denda.” Karena jika kendaraan yang terkena tilang ini tidak mengurus, nantinya tidak bisa mengurus pembayaran pajak,”terangnya.

AKP Roni juga menambahkan, dengan adanya sosialisasi ini membuat pengendara baik sepeda motor dan mobil ini dapat mematuhi peraturan berlalu lintas. Karena dalam masa uji coba, banyak pengendara yang melanggar terutama sepeda motor ini banyak yang tidak sesuai spek. Mulai dari tidak ada spion, hingga menggunakan knalpot brong.

”Teknologi ini juga bisa mendeteksi pelanggaran seperti tidak memakai sabuk pengaman bagi kendaraan roda empat.”

“Kamera yang terpasang ini juga telah terhubung dengan server, kamera akan merekam juga nomor polisi yang dimiliki kendaraan tersebut,” ujarnya. (Choy)

- Advertisement -

spot_img

Worldwide News, Local News in London, Tips & Tricks

spot_img

- Advertisement -