spot_img
BerandaNewsWalikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin Ajak dan Sosialisasi...

Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin Ajak dan Sosialisasi Produksi Rumah Tangga Pangan

Menitpost.com, KOTA PROBOLINGGO – Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin tidak henti-hentinya mengajak masyarakat yang memiliki produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Mangga untuk mengurus perizinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

Dinas Kesehatan bersama Puskesmas Ketapang menggelar Sosialisasi Tentang Produksi Rumah Tangga Pangan Bagi Pelaku Industri Rumah Tangga Pangan yang dilaksanakan di rumah Ketua KUKB (Kelompok UKM Kademangan Bangkit) di Jalan Merapi Kapling RT 10 / RW 001Kelurahan Triwung Lor Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Sabtu (10/6/22).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Sanitarian, Puskesmas Ketapang, Anton Sulisno dengan menghadirkan Narasumber dari Dinkes Kota Probolinggo, Fauzan, serta Kasi Pemas Kelurahan Triwung Lor, Wagito.

Sosialisasi industri rumah tangga pangan ini diikuti sekitar 40 peserta yang merupakan Pelaku IKM dengan mengutus masing-masing perwakilan untuk setiap kelompok pelaku industri rumah tangga pangan dengan membawa sampel hasil produksi mereka.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Sanitarian, Anton Sulisno menyampaikan: selaku pelaku usaha industri rumah tangga pangan, diharapkan dapat turut berperan aktif dalam membangkitkan UMKM di Kota Probolinggo, khususnya di wilayah Kecamatan Kademangan
Sektor UMKM merupakan salah saru sektor yang tepat dan mampu bertahan guna memberikan dukungan ekonomi khususnya bagi ruang lingkup wilayah masing-masing pelaku industry pangan rumah tangga.

“ Kami dari Puskesmas Ketapang bersama Dinas Kesehatan melalui tim teknis telah memberikan rekomendasi bisa mendapatkan Handal PIRT UMKM yang berlaku selama kurang lebih 5 tahun yang nantinya sebagai syarat untuk diperpanjang kembali.”Salah satu syaratnya yakni pernah mengikuti bimbingan teknis atau penyeluhan keamanan pangan seperti kegiatan yang kita laksanakan hari ini..”Ayo segera urus untuk mendapatkan SP PIRT,” terang Anton.

Informasi ini bisa diaplikasikan pada saat melakukan produksi industri rumah tangga baik dari bahan, bahan tambahan mau pun terkait ketentuan kebersihannya yang harus tetap terjaga sehingga mendukung upaya masyarakat mengkonsumsi pangan olahan yang memenuhi standar,”imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KUKB (Kelompok UKM Kademangan Bangkit) Chosimah mengatakan,kita sudah siapkan Sentra UKM KUKB di Kecamatan Kademangan. Pihak manajemen tidak memungut biaya walau sepeser dari para pengusaha UKM ini.

” Para pengusaha UKM cukup menjadi member dari sentra ini. Ini merupakan dukungan resmi dan nyata pihak Kecamatan Kademangan agar para pelaku UKM ini semakin semangat dan kreatif.

Sementara itu untuk mendapatkan SP PIRT HANDAL UMKM bisa melalui kami dan juga bisa langsung menemui Pak Anton,” terangnya. (Choy)

- Advertisement -

spot_img

Worldwide News, Local News in London, Tips & Tricks

spot_img

- Advertisement -